Sinergitas Organisasi Menuju Indonesia Emas


Oleh: Edi Cahyadinata (Pengurus PGRI Kab. Tangerang)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sinergitas berasal dari kata sinergi yang berarti melakukan kegiatan gabungan beberapa organisasi yang mempunyai pengaruh besar. Sinergi merupakan bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu yang optimal. Syarat utama penciptaan sinergi yakni kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat, dan kreatifitas  Sementara organisasi adalah perserikatan orang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati. Organisasi merupakan sebuah sistem terstruktur yang mengkoordinasikan usaha tertentu oleh suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan.

Dalam rangka menuju Indonesia emas , maka beberapa organisasi di Kabupaten Tangerang bersinergi dalam rangka mewujudkan cita cita dan tujuan bersama yakni meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Tangerang dan kesejahteraan para anggotanya.

PGRI Kabupaten Tangerang  merupakan organisasi profesi yang mewadahi para guru dalam rangka meningkatkan kompetensi dan peningkatan kesejahteraan. PGRI sebagai organisasi  profesi keguruan juga  memiliki fungsi sebagai pemersatu seluruh anggota profesi dalam kiprahnya menjalankan tugas keprofesiannya dan memiliki  fungsi peningkatan kemampuan professional

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ( MKKS ) merupakan wadah atau forum perkumpulan kepala sekolah jenjang SMP baik negeri maupun swasta. MKKS memiliki fungsi untuk Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam mengembangkan inovasi pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya, Meningkatkan kemampuan dan kepekaan kepala sekolah dalam menjalin kerja sama dan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) merupakan kelompok kerja bagi kepala sekolah jenjang sekolah dasar dalam rangka meningkatkan kompetensi, kesejahteraan serta  mutu pendidikan di sekitarnya. KKKS juga memiliki  fungsi untuk meningkatkan mutu, kemampuan, dan keterampilan kepemimpinan kepala sekolah jenjang sekolah dasar serta keterampilan manejerialnya dan keterampilan dalam memecahkan masalah yang belum terpecahkan oleh guru,  memecahkan masalah dari temuan hasil supervisi serta  melakukan koordinasi dengan pemangku kebijakan .

Dengan kesamaan beberapa fungsi dan manfaat  dari masing masing organisasi tersebut, maka ketiga organisasi di Kabupaten Tangerang bersinergi agar dalam rangka mencapai tujuan bersama bisa tercapai lebih efektif dan efisien. Sehingga dalam rangka mempererat komunikasi dan kebersamaan. buka puasa bersama dilakukan diawal bulan Ramadhan secara bersama  antara pengurus PGRI, MKKS dan KKKS Kabupaten Tangerang.

Salah satu hasil dari Sinergitas  antara MKKS dan KKKS Kabupaten Tangerang yakni peningkatan TPP kepala sekolah dan guru pada tahun 2023, yang diawali dengan kegiatan study tiru ke dinas pendidikan Kota Bandung sehingga salah satu fungsi peningkatan kesejahteraan anggota telah terlaksana dengan baik. 

Dalam rangka melaksanakan programnya, Bulan April 2024 KKKS Kabupaten Tangerang juga  akan melaksanakan workshop dalam rangka peningkatan kompetensi kepala sekolah secara menyeluruh, sehingga akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan Kabupaten Tangerang menuju  Indonesia Emas tahun 2045 tepat ketika Indonesia mencapai 100 tahun kemerdekaannya.  


Lebih baru Lebih lama